Sparkly Smiley Star

Pages

Minggu, 20 September 2015

Ke-eksotisan Benteng Pendem "Van Den Bosh" Ngawi


Benteng Pendem itu termasuk wisata sejarah, karena kita bakal dihibur oleh bangunan bersejarah yang umurnya ngalahin umur kita sekarang dan bangunannya masih berdiri kokoh walaupun nggak 100% bagus. Lokasi Benteng Pendem ini di Kelurahan Pelem, Ngawi, Jawa Timur. Untuk tiket masuk cukup merogoh kocek 2000 – 3000. Murah kan? 


Cerita sedikit tentang asal usul benteng ini. Konon Benteng Pendem dibangun oleh gubernur Van Den Bosh tahun 1839 dengan memanfaatkan sungai Bengawan Solo (jadi kalo kita jalan agak kebelakang, kita akan menemukan bantaran kali). Tujuan dibangun Benteng Pendem untuk mengatasi serangan dari pengaruh kerajaan Mataram di Jogja.

Pertama kali masuk ke area ini ternyata orang zaman dulu keren mereka bisa ngebangun benteng yang kokoh hingga ratusan tahun, tembok-tembok yang kuat dan bentuk benteng yang nyaris sempurna, walopun ada sebagian yang sudah ambruk dan dimakan rayap.Tahun 1962, Benteng Van Den Bosch (diambil dari nama Gubernur saat itu) dijadikan markas Yon Armed 12 dan diisi kegiatan latihan militer. Selain itu juga digunakan gudang persenjataan.  Pada masanya, bangunan ini digunakan sebagai zona pertahanan pada pemerintah Belanda dan persinggahan ilmuwan Belanda.


Kenapa namanya “Benteng Pendem”? Karena di sekeliling benteng ada gundukan tanah yang sengaja dibuat untuk menahan luapan air sungai Bengawan Solo. Sehingga kalo kita berjalan di atas, benteng ini berada di bawah dan terkesan seperti terpendam. Dan parit selebar 5 meter itu dulunya mengelilingi benteng ini, tapi sekarang udah tertutup tanah.


Sekarang Benteng Pendem sudah resmi dibuka untuk umum dan banyak revitalisasi di sekitarnya untuk menunjang tempat wisata ini. Jadi buat temen-temen yang tinggal di daerah Jawa Timur, gak perlu jauh-jauh ke Jakarta, di sini kalian bisa menikmati suasana ala Kota Tua seperti di Jakarta.

Sumber : pelangiituaku

8 komentar:

Unknown mengatakan...

wah, bagus kak artikelnya. Pengen deh kesana. :)

Unknown mengatakan...

Boleh kalau ingin kesana bisa saya antar kebetulan dekat dengan rumah saya ...

Unknown mengatakan...

oh iya kak. Kapan" deh saya minta dianterin kesana hehehe...

Unknown mengatakan...

okke...boleh

Unknown mengatakan...

ditambahin lagi ya kak infonya. biar tambah pengetahuan

Unknown mengatakan...

oke...

Unknown mengatakan...

Jadi pengen ke ngawi , untuk belajar sejarah ,,, hehehe.

Unknown mengatakan...

ayo....

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger